B. Indonesia

Pertanyaan

buatlay sebuah negosasi dengan tema bebas!kemudian analisilah struktur teks negosiasi tersebut berdasarkan orientasi,pengajuan,penawaran,dan persetujuan

1 Jawaban

  • Pegawai Bank: “Selamat pagi pak, silahkan duduk, ada yang bisa saya bantu?”( orientasi )
    Nasabah: “Selamat pagi bu. Baik, terimakasih.”
    Nasabah: “Begini bu, saya ingin mengajukan sebuah proposal peminjaman uang untuk usaha ikan lele saya.”(pengajuan )

    Pegawai Bank: “Maaf pak, bisa saya lihat proposalnya?”
    Nasabah: “Ini bu, silahkan.”
    Pegawai bank: “Sebenarnya, proposal bapak ini sangat bagus sekali, tidak ada masalah. Hanya saja kami dari
    pihak bank belum bisa memenuhi permintaan peminjaman uang sebesar 500 juta.”
    Nasabah: “Jadi, kira-kira pihak bank mampunya memberikan pinjaman berapa bu?”
    Pegawai Bank: “Setelah saya hitung, kami hanya sanggup memberikan pinjaman sampai 300 juta pak, dengan bunganya 4 %.”(penawaran )
    Nasabah: “Tidak bisa ditambah lagi ya bu? Usaha ini sebenarnya sangat sukses, pesanan ikan lele dari konsumen ke kami dari seluruh Indonesia.”
    Nasabah: “Dana ini rencananya akan saya gunakan untuk menambah kapasitas produksi untuk dapat memenuhi permintaan ikan lele tersebut”
    Pegawai Bank: “Tunggu dulu pak, saya hitung ulang dulu yah”
    Pegawai Bank: “Yah, sepertinya kami hanya sanggup untuk memberikan  pinjaman sebesar 350 juta”.
    Nasabah: “Wah, apakah tidak bisa dinaikin sedikit lagi ya bu? Gimana kalau 400 juta?”
    Pegawai Bank: “Maaf yah pak, hanya segitu yang dapat kami sanggupi.”

    Nasabah: “Oke deh bu, tidak apa-apa, saya setuju kalau gitu.”( persetujuan )

Pertanyaan Lainnya